Penyebab Anak Susah Makan serta Cara untuk Mengatasinya

Anak susah makan memang merupakan sebuah masalah tersendiri. Ketika menghadapi anak yang susah makan dibutuhkan kesabaran dan strategi. Untuk mengatasi masalah ini orangtua harus mengetahui hal yang menjadi penyebab anak susah makan.

Anak-anak sering susah makan ketika berusia 1 tahun, tetapi tidak sedikit anak yang sulit makan saat berusia 2 hingga 5 tahun. Di masa tersebut, pertumbuhan anak akan menjadi sediit lebih lambat bila dibandingkan dengan masa sebelumnya, ini bisa membuat selera makannya berkurang serta tidak mau makan, bahkan meskipun hanya sedikit.

Berbagai Penyebab Anak Susah Makan

Ketika menghadapi buah hati yang susah makan, Anda harus mengenali penyebabnya terlebih dulu. Berikut berbagai penyebab anak susah makan, antara lain:

Menolak makan

Makan merupakan keterampilan yang baru dikuasai anak. Oleh sebab itu memilih makanan yang ingin dimasukkan dalam mulut merupakan hal penting. Tidak heran anak mau melahap makanannya dengan lahap, namun pada keesokan harinya ia menolak.

Untuk mengatasinya, Anda harus bersabar serta hindari memaksa si kecil makan. Dibandingkan dengan pusing memikirkan kalori makannya, Anda bisa menghitung kebutuhan nutrisinya alam seminggu terakhir, kemudian mengkombinasikannya dengan makanan yang ia sukai.

Memilih makanan tertentu saja

Selain menolak makan, biasanya anak hanya memilih makanan tertentu. Dibutuhkan watu agar anak terbiasa mengkonsumsi berbagai macam rasa dan warna makanan.

Di masa tersebut, anak juga dapat belajar makan dengan mandiri seperti apa saja makanan yang bisa masuk ke mulutnya.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa memperkenalkannya berbagai maacm jenis makanan dengan perlahan sesudah disajikan beberapa kali. Ia mungkin bisa mulai tertarik untuk mekanannya.

Hanya mau mengkonsumsi fast food

Fast food biasanya memiliki kandungan gula garam, kolesterol dan lemak yag sangat banyak. Sayangnya makanan ini tidak mengandung nutrisi seperti vitamin, protein, serta mineral. Bila dikonsumsi berlebihan, dapat menyebabkan anak terkena diabetes hingga obesitas.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menghindari menyimpan fast food, selain itu hindari memesan fast food karena hal tersebut bisa membuat anak meniru perolak tersebut. Agar kejadian seperti ini tidak berulang, lebih baik sediakan makanan-makanan atau snack sehat.

Hanya mau makan satu jenis makanan

Tidak aneh bila anak-anak sulit makan dan hanya ma makan makanan tertentu saja. Hal ini disebabkan karena anak-anak kurang tertarik dengan makanan yang baru ia kenal.

Untuk mengatasinya, Anda harus tetap tenang serta memilih berbagai makanan lain, namun jangan memarahi atau memaksanya jika ia tidak mau memakannya.

Jika anak sudah lebih besar, Anda bisa mengajaknya ke supermarket dan memilih buah serta sayuran yang disukainya.

Cara Menghadapi Anak Susah Makan

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi anak susah makan, antara lain:

  1. Perlihatkan si kecil ketika mengolah makanan, seperti membersihkan, membeli, memasak serta menyajikan di meja makan.
  2. Jauhkan anak dari televisi serta permainan ketika makan. Karena saat anak memusatkan perhatiannya pada televisi, ia enggan makan.
  3. Gunakan perlengkapan makan yang menarik. Agar anak bisa menyukai saat-saat ia makan.
  4. Biarkan si kecil makan sendiri, selain itu Anda bisa memberikan perlengkapan makan yang mudah ia pegang.
  5. Agar anak teratur makan, Anda bisa membuat jadwal makan 3 kali sehari serta 2 kali makan camilan.

Agar bisa memastikan gizi, Anda bisa membuat catatan makanan serta minuman yang dikonsumsinya dalam seminggu. Mengatasi anak susah makan memang tidak semudah seperti yang dibayangkan, Anda harus bersabar.

Sepasang kekasih yang memadu kasih.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *